Selasa, 15 November 2011

Cara perawatan pada mesin motor

Oli mesin yang baik adalah mempunyai banyak sifat yang diinginkan , pakailah oli yang berkualitas baik yang mempunyai daya pembersih yang tinggi kualitas di mesin adalah faktor yang mempengaruhi umur pemakaian mesin .
Gantilah oli mesin setiap 1 bulan sekali , pada saat penggantian oli harus pada saat keadaan suhu mesin yang normal untuk memastikan pengeluaran oli yang cepat dan menyeluruh .
Cara mengganti oli :
  • Untuk mengeluarkan oli , lepaskan tutup pengisian oli dan baut pembuangan oli dan cincin perapat
  • periksa cincin perapat pada baut pembuangan oli berada pada kondor baik dan pasang baut ganti cincin perapat setiap penggantian oli atau setiap penggantian oli bila perlu .
  • isi bak mesin dengan oli kira - kira sekitar 0,7 liter
  • pasang tutup pengisian oli 
  • nyalakan mesin tunggu sampai 3 - 5 menit ( jangan di gas )
  • matikan mesin dan tunggu sampai 2 - 5 menit 
  • periksa pastikan ketinggian oli apakah diantara tanda batas permukaan teratas ( upper ) dan bawah ( lower ) .
 Selain pada penggantian oli yang harus diperhatikan pada mesin adalah bahan bakar , bahan bakar yang baik adalah menggunakan bahan bakar pertamax .
Piston atau seker adalah komponen dari mesin yang berfungsi sebagai penimbun bahan bakar yang akn diproses sehingga terjadi ledakan di dalam tabung silinder , poros engkol yang berfungsi sebagai penggerak seker dari titik mati lainnya atau bawah , katup  sebagai jalan keluar masuk bahan bakar dan asapyang sudah diproses.
 Cara perawatannya :
Cukup dibersihkan dengan bensin pada bagian-bagian kotor atau bekas goresan besi seker tabung silinder , saat pelepasan juga harus hati-hati agar tidak rusak atau cacat pada komponen-komponen nya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar